TINJAUAN MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMPN 1 KATEMAN KELURAHAN BANDAR SRI GEMILANG KECAMATAN KATEMAN, INHIL, RIAU

Authors

  • Syarifah Normawati IAI Arrisalah INHIL, Riau, Indonesia
  • Fajar Perdana IAI Arrisalah INHIL, Riau, Indonesia

Keywords:

Manajemen, Kurikulum Merdeka, Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Di SMPN1 Kateman Kelurahan Bandar Sri Gemilang Kecamatan Kateman. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa (1) Perencanaan manajemen kurikulum Merdeka belajar di SMPN 1 Kateman dimulai dengan membentuk tim pengembang kurikulum, yang tediri dari kepala sekolah, wakil kurikulum, dan beberapa orang guru. (2) Implementasi pelaksanaan kurikulum Merdeka belajar dengan cara guru menerapkan ATP dan modul ajar yang telah direncanakan dengan menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan menggunakan metode, strategi yang sesuai dengan karakteristik siswa. (3) Evaluasi dalam penerapan kurikulum merrdeka belajar di SMPN 1 Kateman dilakukan melalui rapat bersaama pada akhir. Jenis penilaian yang diterapkan di SMPN 1 Kateman adalah dengan menggunakan tiga jenis penilaian yaitu penilaian diaognotik, penilaian formatif dan penilaian sumatif.

References

Budiningsih, Asri. (2010). Strategi Pembelajaran Nilai Yang Humanis. Dinamika Pendidikan. Majalah Ilmu Pendidikan No 2.

Dian, W. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Pustaka Pelajar.

Herbert, Frank, ―Merdeka Belajar atau Belajar Merdeka?. online. Diakses 31 Maret 2020 Tersedia: https://www.kompasiana.com/syekhmuhammad/5df20d25d541df6ca8471992/merdeka-belajar-ataubelajar-merdeka?page=all

Nasution, S. (2003). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Cita Aditya Bakti.

Nurgiyanto, Burhan. (1998). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE.

Shihab, Najelaa. (2018). Merdeka Belajar di Ruang Kelas. Jakarta: Lentera.

Subandijah. (1996). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo.

Umrati, dan Hengki Wijaya. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wahyu Bagja. (2018). Manajemen Kurikulum Di Sekolah, Modul Pembelajaran (Progam Studi Administrasi Pendidikan). STKIP Muhammadiyah Bogor.

Downloads

Published

2024-07-02