STRATEGI WAKA KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN EKSTRAKURIKULER SISWA DI SMPN 1 KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Authors

  • Nur Istiqamah Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia

Keywords:

Strategi, Waka Kesiswaan, Ekstrakurikuler, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana strategi waka kesiswaan dalam meningkatkan ekstrakurikuler siswa Di SMPN 1 Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau, (2), Apa sja faktor Penghambat strategi waka kesiswaan dalam meningkatkan ekstrakurikuler siswa Di SMPN 1 Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, lokasi, peristiwa atau aktivitas, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dan meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan berdasarkan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya, apakah telah sesuai atau belum : (1) Berdasarakan hasil analisis tabel IV.18 tentang Strategi Waka Kesiswaan Dalam Meningkatkan Ekstrakurikuler Siswa Di SMPN 1 Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau diperoleh data yang dilaksanakan 50 (59,52%) dan yang tidak dilaksanakan 34 (40,47%), bahwa pelaksanaan pengeolalaan sudah dikatakan cukup karena berada di kategori 56% - 75%. (2) Selanjutnya dari hasil tabel IV.19 hasil observasi tentang Faktor Penghambat Strategi Waka Kesiswaan Dalam Meningkatkan Ekstrakurikuler Siswa Di SMPN 1 Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau diperoleh data yang dilaksanakan 20 (57,14%%) dan yang tidak dilaksanakan 15 (42,85%), bahwa pelaksanaan pengeolalaan sudah dikatakan cukup menghambat karena berada di kategori 56% - 75%.

Author Biography

Nur Istiqamah, Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia

Program Studi Tadris Bahasa Inggris

Downloads

Published

2022-12-12