MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF PAI

Authors

  • Neni Sekolah Tinggi Agama Islam Bagan Batu, Indonesia

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran, Aktif

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui berkenaan dengan Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Aktif. Keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan merumuskan gagasan serta argumen secara logis dan objektif. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan berdasarkan pertimbangan jika ada beberapa realitas yang memudahkan peneliti dalam melakukan studinya dan dengan pendekatan ini penajaman pengaruh dan pola nilai lebih sensitif untuk disesuaikan. Ternyata, yang didapatkan dalam suasa belajar di kelas dengan interaksi antara guru dan siswa adalah sering terjadi terpenjaranya keterampilan berfikir kritis. Siswa terasa sulit ketika hendak menyampaikan gagasannya dengan kata-kata yang teratur dan sulit untuk mewujudkan apa yang ada dalam fikirannya menjadi kata-kata yang lepas. Mereka seakan kehilangan kata-kata dan tidak menemukan kosa kata yang mampu mengartikulasikan apa yang ada dalam benak mereka. Inilah pentingnya meningkatkian keterampilan berfikir kritis melalui pembelajaran aktif sehingga para siswa dapat dengan leluasa tanpa ada hambatan apapun dalam mental dan pikiran mereka untuk mengekspresikan segala hal yang mereka pikirkan.

References

Achmad, Arief. Memahami Berpikir Kritis, Sebuah artikel pada http://re- searchengines.com/1007arief3.html

Fathurrahman, Pupuh, et al. (2007). Strategi Belajar Mengajar; Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Fisher, Alex. (2008). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Hardani dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Meolong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. RosdakKarya.

Riyanto, Yatim. (2019). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ronny K. (2003). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM.

Sahir, Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Surya, Hendra. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Suryabrata, Sumadi. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Pendidikan; dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. (2012). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno. Hamzah B. (2009). Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, Cetakan Ke V.

Winataputra, Udin S. (1997). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikud Dirjend. Dikdasmen.

Downloads

Published

2023-12-26