MANAJEMEN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Mandah

Authors

  • Kartila Elpitri Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia
  • Azahari Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia

Keywords:

Manajemen, Pembelajaran Online, Pandemi Covid-19

Abstract

Artikel ini membahas tentang Manajemen Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Mandah Kecamatan Mandah. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan (planning) pembelajaran online, pelaksanaan (actuating) pembelajaran online dan evaluasi (evaluating) pembelajaran online di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Mandah Kecamatan Mandah. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus single case studies yaitu penelitian pada satu kasus atau lokasi saja. Teknik pengumpulan data melaui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, wakasek, dan  guru. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa Manajemen Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Mandah Kecamatan Mandah telah terlaksana. Hal ini dapat dilihat dari proses manajemen yang menggunakan empat tahapan manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Perencanaan Faktor internal yang berkontribusi dalam pembelajaran online adalah lingkungan keluarga, kesiapan, dan motivasi pada masa pandemi covid-19. Faktor eksternal yang berkontribusi dalam pembelajaran online meliputi fasilitas pembelajaran online dan jaringan internet pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Mandah Kecamatan Mandah

References

Arifa, Fieka Nurul. (t.t). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19.

Herdiansyah, Haris. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Jamaluddin, Dindin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, dan Epa Paujiah. (2020). Pembelajaran daring masa pandemi Covid19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M

Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, dan Barokah Widuroyekti. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10 (1), 41–48

Moleong. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muliawan, Jasa Ungguh. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: GavaMedia.

Oemar Hamalik. (2013). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sumarno, Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1 (2), 149–62.

Widoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Intrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-12-26