PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH
Keywords:
Kompetensi Guru, Manajemen Supervisi, Kepala SekolahAbstract
Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan seorang guru dalam melaksanakan fungsi pembelajaran. Untuk itu dalam pengembangan dan peningkatan profesionalitas guru diperlukan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka dengan sumber data berasal dari literatur-literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi guru merupakan penguasan materi secara tekstual mengilustrasikan secara kontekstual. Demikian juga dengan penguasaan SK/KD dan memiliki kemampuan menyusun indikator sikap dan keterampilan, pengembangan materi dan strategi pembelajaran, pengembangan profesi dan pemamfaatan teknologi dan informasi, baik pengetahuan maupun sarananya. (2) Supervisi akademik kepala sekolah yakni (a) penyusunan program supervisi yang berbasis kebutuhan (b) pelaksanaan program supervisi menekankan aspek pembinaan dalam hal; penguasaan perencanaan pembelajaran, bimbingan materi palajaran yang kontekstual, pembinaan penguasaan kompetensi dasar pelajaran, bimbingan strategi pembelajaran yang inovatif, pembinaan profesi dalam penulisan karya ilmiah, dan bimbingan pemanfaatan teknologi dan informasi. (c) evaluasi dan tindak lanjut program supervisi. (3) Implikasi supervisi kepala sekolah yakni berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi profesional guru dalam aspek; penguasaan materi, penguasaan standar kompetensi, pengembangan materi pelajaran, pengembangan profesi, pemanfaatan teknologi dan informasi.
References
Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, Cet- 1.
Burhanuddin, Yusuf. (1998). Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Daryanto, M. (2001). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Gunawan, Ary H. (1996). Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Rineka Cipta.
Harahap, Baharuddin. (1983). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Damai Jaya
Moleong. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Purwanto, Ngalim. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Alfabeta.
Sahertian, Piet A dan Frans Mataheru. (1979). Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sahertian, Piet A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan; Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Supandi. (1992). Administrasi Pendidikan. Jakarta: UT.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.