PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH

Authors

  • Poppy Amelia Wulandari Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia
  • Sofiandi Sofiandi Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia

Keywords:

Kompetensi Guru, Manajemen Supervisi, Kepala Sekolah

Abstract

Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan seorang guru dalam melaksanakan fungsi pembelajaran. Untuk itu dalam pengembangan dan peningkatan profesionalitas guru diperlukan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka dengan sumber data berasal dari literatur-literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi guru  merupakan penguasan materi secara tekstual mengilustrasikan secara kontekstual. Demikian juga dengan penguasaan SK/KD dan memiliki kemampuan menyusun indikator sikap dan keterampilan, pengembangan materi dan strategi pembelajaran, pengembangan profesi dan pemamfaatan teknologi dan informasi, baik pengetahuan maupun sarananya. (2) Supervisi akademik kepala sekolah yakni (a) penyusunan program supervisi yang berbasis kebutuhan (b) pelaksanaan program supervisi menekankan aspek pembinaan dalam hal; penguasaan perencanaan pembelajaran, bimbingan materi palajaran yang kontekstual, pembinaan penguasaan kompetensi dasar pelajaran, bimbingan strategi pembelajaran yang inovatif, pembinaan profesi dalam penulisan karya ilmiah, dan bimbingan pemanfaatan teknologi dan informasi. (c) evaluasi dan tindak lanjut program supervisi. (3) Implikasi supervisi kepala sekolah yakni berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi profesional guru dalam aspek; penguasaan materi, penguasaan standar kompetensi, pengembangan materi pelajaran, pengembangan profesi, pemanfaatan teknologi dan informasi.

References

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, Cet- 1.

Burhanuddin, Yusuf. (1998). Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Daryanto, M. (2001). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan, Ary H. (1996). Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, Baharuddin. (1983). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Damai Jaya

Moleong. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Alfabeta.

Sahertian, Piet A dan Frans Mataheru. (1979). Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sahertian, Piet A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan; Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Supandi. (1992). Administrasi Pendidikan. Jakarta: UT.

Downloads

Published

2023-12-26