MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PENCAPAIAN AKREDITASI

Authors

  • Adi Febriyanto Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia
  • Fauzi STAIN Sultan Abdul Rahman, Kepri, Indonesia

Keywords:

Manajemen Sarana Prasarana, Akreditasi, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini membahas peran vital manajemen sarana dan prasarana dalam konteks upaya meningkatkan akreditasi di lembaga pendidikan. Fokus utama artikel ini adalah menganalisis bagaimana pengelolaan fasilitas fisik, teknologi, dan infrastruktur pendukung dapat secara signifikan berkontribusi terhadap pencapaian dan pemeliharaan akreditasi. Dalam penelitian ini, pendekatan interdisipliner digunakan untuk mengintegrasikan aspek-aspek manajemen sarana dan prasarana dengan standar akreditasi yang berlaku. Melalui pendekatan penelitian kualitatif, artikel yang lahir dari penelitian ini menyajikan temuan empiris yang mendukung pentingnya manajemen sarana dan prasarana sebagai pilar utama dalam pencapaian akreditasi. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup panduan praktis bagi setiap penyelenggara lembaga pendidikan untuk meningkatkan keberlanjutan dan efektivitas manajemen sarana dan prasarana dalam upaya mendukung pencapaian dan pemeliharaan akreditasi. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat menjadi sebuah kontribusi yang berharga bagi pemangku kepentingan dan penyeleggara pendidikan tinggi dan juga bagi masyarakat ilmiah dalam memahami dan mengoptimalkan peran manajemen sarana dan prasarana dalam konteks akreditasi agar tercapai nilai akreditasi yang diharapkan.

References

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. (2010). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: FIP dan UNY.

Departemen Agama RI. (2005). Pedoman Akreditasi Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Moleong. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mustari, Mohamad. (2014). Manajemen Pendidikan. Cet. I. Jakarta: Rajawali Pers.

Prihatin, Eka. (2011). Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiarto, Agus dan Teguh Wahyono. (2015). Manajemen Kearsipan Modern Dan Distribusinya. Yogyakarta: Gava Media.

Syaodih, Nana. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-12-26