ANALISIS KEPALA SEKOLAH DALAM REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DI SMPN 1 KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU
Keywords:
Analisis, Kepala Sekolah, Rekrutmen, Tenaga PendidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana analisis kepala sekolah dalam rekrutmen tenaga pendidik di SMPN 1 Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir, (2), Apa saja faktor penghambat analisis kepala sekolah dalam rekrutmen tenaga pendidik di SMPN 1 Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir. Bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, lokasi, peristiwa atau aktivitas, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dan meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan berdasarkan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya, apakah telah sesuai atau belum : (1) Berdasarakan Dari tabel IV.20 hasil observasi keseluruhan tentang Analisis kepala sekolah dalam rekrutmen tenaga pendidik di SMPN 1 Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir diperoleh data yang dilaksanakan 67 (64%) sebagaiman kepala sekolah dalam melakukan rekrutmen tenaga pendidik kepala sekolah ada menentukan waktu, tempat, bermusyawarah, membentuk team, membuat daftar tenaga pendidik, membuat persyaratan dan menunjuk team yang tepat dalam rekrutmen. sedangkan yang tidak dilaksanakan 37 (36%) kepala sekolah tidak membuat SK team rekrutmen, jarang memantau perkembangan proses penyeleksian, memeriksa serta mengontrol jalannya seleksi perekrutan. kepala sekolah tidak ada melakukan evaluasi, pembubaran panitia dan tidak menghubungi calon yang gagal dalam melamar. Jika dilihat bahwa Analisis kepala sekolah dalam rekrutmen tenaga pendidik di SMPN 1 Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir sudah dikatakan Cukup hal ini terlihat berada diantara 56% - 75%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.