STRATEGI GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PADA KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 005 TAGARAJA KECAMATAN KATEMAN
Keywords:
Strategi, Guru PAI, Pengembangan, KurikulumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana Strategi Guru PAI Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Kelas 5, (2), Bagaimana Faktor Penghambat Strategi Guru PAI Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Kelas 5. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, lokasi, peristiwa atau aktivitas, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan berdasarkan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya, apakah telah sesuai atau belum : (1) Strategi Guru PAI Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 005 Tagaraja Kecamatan Kateman sudah sangat baik hal ini terlihat adanya perencanaan, penyusunan materi, pengembangan kerangka kurikulum yang baik. selanjutnya adanya menciptakan pengalaman- pengalaman belajar, bimbingan siswa dan evaluasi. Namun dalam pelaksanaan strategi pengembangan kurikulum oleh guru PAI mendapat sedikit gejala seperti udah dilaksanakannya pelatihan IT namun masih terdapat pada penerapannya belum berjalan dengan baik oleh guru agama tersebut. (2) Selanjutnya Faktor Penghambat Strategi Guru PAI Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 005 Tagaraja Kecamatan Kateman ditemui seperti Sumber dana yang terbatas, Alat peraga, Waktu yang terbatas, Peningkatan akhlak siswa dan Keragaman potensi daerah dan lingkungan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.