PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMPN 1 SINGKEP

Authors

  • S. M. Yusuf Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia

Keywords:

Peningkatan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Gerakan Literasi Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui gerakan literasi sekolah di SMPN 1 Singkep dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui gerakan literasi sekolah di SMPN 1 Singkep. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan anlisis deskriptif dan presentase untuk mengetahui hasil data yang diperoleh. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah tersebut dikategorikan kurang.Karena kegiatan tersebut belum terorganisir dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil presentase akhir sebesar 38,4% tentang Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa melalui gerakan literasi sekolah di SMPN 1 Singkep, maka dikatakan kurang.Kedua, faktor pendukungnya pihak sekolah sangat mendukung gerakan literasi membaca Al-Qur’an siswa 15 menit sebelum pelajaran pertama dimulai dan orang tua juga mendukung gerakan literasi membaca Al-Qur’an ini. Sedangkan faktor penghambatnya pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya 2 jam pelajaran sehingga tidak cukup bagi siswa untuk membaca Al-Qur’an dan juga pelajaran Pendidikan Agama Islam sifatnya umum, guru kurang antusias dalam pelaksanaan gerakan literasi membaca Al- Qur’ansiswa.

Author Biography

S. M. Yusuf, Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Downloads

Published

2022-12-12