PENDIDIKAN DAN KONTRIBUSI PEREMPUAN MELAYU DALAM MASYARAKAT TRADISIONAL DAN MODERN
Keywords:
Pendidika, Perempuan, MelayuAbstract
Tujuan penulisan tulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui peran wanita dalam kelangsungan tamadun Melayu, melalui kajian peran dan kontribusi wanita dalam masyarakat tradisional dan modern. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam pendekatan ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis teks atau konten dari dokumen atau materi yang relevan. Wanita dalam budaya Melayu memiliki peran yang kaya dan beragam, dari aspek sosial, ekonomi, hingga budaya dan agama. Artikel ini menyelidiki bagaimana peran wanita telah berubah dan beradaptasi dari masa ke masa, serta pentingnya pengakuan dan pemberdayaan wanita dalam memastikan kelangsungan dan kemajuan tamadun Melayu di era kontemporer.
References
Anwar, A. (1995). Wanita dalam Bingkai Masyarakat Kosmopolitan. Rineka Cipta.
Dian, W. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian Kualitatif (Issue 17). Pustaka Pelajar.
Eisenstads, S. N. (1986). Revolusi dan Transformasi Masyarakat. Rajawali.
Fakih, M. (1996). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Pustaka Pelajar.
Jacobson, D. (2019). Naturalistic Inquiry. In International Encyclopedia of Human Geography, Second Edition. Sage Publications.
Jane C. Ollen Burger dan Helen A. Moore. (1996). Sosiologi Wanita. Rineka Cipta.
Korff, H. D. E. dan R. (2002). Urbanisme di Asia Tenggara; Makna dan Kekuasaan dalam Ruang-ruang Sosial. Yayasan Obor Indonesia.
Shihab, Q. (2005). Wawasan al-Qur’an (III). Mizan.
Sofyan, I. (1994). Wanita Utama Nusantara Dalam Lintasan Sejarah. Agung Offset.
Srimulyani, E. (2009). Perempuan dalam Masyarakat Aceh: Memahami Beberapa Persoalan Kekinian. Banda Publishing.
Turner, B. (2000). Teori-teori Sosiologi Modernitas Posmodernitas. Penerbit Pustaka.
Veer, P. V. „T. (1985). Perang Aceh: Kisah Kegagalan Snouck Hurgronje. Gratifi Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.