SEJARAH KEMAJUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA DAULAH BANI UMAYYAH
Keywords:
Pola, Pendidikan Islam, Dinasti UmayyahAbstract
Sejarah pendidikan islam sangat berdekatan dengan dengan riwayat sejarah Islam. Periodesasi perkembangan pendidikan Islam selalu berkaitan dengan periodesasi sejarah Islam itu sendiri. Salah satunya pendidikan masa Dinasti Ummayah yang telah banyak memunculkan berbagai instansi pendidikan seperti: Tiang, Masjid dan Sastra. Ada materi yang beragam dan bertingkat yang diajarkan. Dan metode pengajarannya pun tidak sama. Dalam makalah ini, Metode yang digunakan penulis adalah Penelitian Pustaka dan pendekatan sejarah dengan menelaah sejumlah buku, majalah, artikel, dan referensi lain yang relevan dengan makalah ini dengan mengambil intinya, kemudian penulis mengembangkannya lebih lanjut. Dari makalah ini, penulis menyimpulkan bahwa pola pendidikan masa Dinasti Umayyah melanjutkan pendidikan masa Khilafat ar Rasyiddin, walaupun ada perbedaan dan perkembangan tersendiri.
References
Al-Abrasyi,Athiyyah. (1993). al-Tarbiyyah al-Islamiyah, Terj. Bustami A. Gani, Jakarta: Bulan Bintang
Chalil, Munawar. (1989). Empat Biografi Imam Mazhab, Jakarta: Bulan Bintang
Dewan Redaksi. (1997) Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve
Fahmi, Asma Hasan, (2000). Mabadi’at Tarbiyah al-Islamiyah, diterj. Oleh Mukhtar Yahya dan Sanusi Latif, Jakarta: Bulan Bintang.
Langgulung, Hasan. (1980) Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, Jakarta: Pustaka al-Husna
Nizar, Samsul. (2005). Sejarah Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam, PT. Cuputat Press Group
Shalabi, Ahmad. (1972). Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang
Suaib, Yusuf. (1997). Sejarah Daulah Umayyah I, Jakarta: Bulan Bintang
Suwedi. (2004). Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Suharsimi Arikunto. (2007). Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Yunus, Mahmud, (1981). Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Hidakarya Agung
Zuhairini, (1992). Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.