PELAKSANAAN PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN SISTEM ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 08 KOTA BATAM
Keywords:
Pelaksanaan, Penerimaan Siswa, Sistem OnlineAbstract
Artikel ini membahas tentang apakah berjalan dengan baik Standar Operasional Prosedure (SOP) pelaksanaan peneriman siswa baru menggunakan sistem online, serta apa saja yang menjadi kendala pada saat pelaksanaan penerimaan siswa baru yang ada di SMA Negeri 08 Kota Batam.Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang dipakai untuk meneliti ini adalah studi lapangan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisa dengan diberikan penilaian dengan metode deskriptif kualitatif. Dan dalam penelitian ini memakai cara berfikir Induktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: pelaksanaan penerimaan siswa baru menggunakan sistem online sudah menerapkan sesuai Standar Operasional Prosedure (SOP) yang berlaku, sudah menunjukkan kondisi penerimaan online yang baik. Namun perlu adanya peningkatan yang lebih baik lagi. Yaitu perlu adanya berbaikan pada jaringan internet yang masih lelet, Update informasi pendaftaran penerimaan siswa baru pada website sekolah, menyediakan genset untuk antisipasi demi kelancaran proses pendaftaran secara online dan mengurangi resiko komputer yang cepat rusak saat listrik yang tiba tiba padam yang mengakibatkan proses pendaftaran jadi terganggu. Hasil penelitiannya ialah pada proses penerimaan siswa secara online sudah menunjukkan kondisi yang baik. Namun secara khusus perlu adanya peningkatan yang lebih baik lagi, diantaranya berdasarkan hasil temuan peneliti yang ada di SMA Negeri 08 Kota Batam, hendaknya mengupayakan untuk memberikan fasilitas yang lebih baik lagi dalam proses pendaftaran siswa secara online baik dari sarana prasarana, perangkat komputer, jaringan internet dan kebutuhan yang diperlukan lainnya untuk kelancaran saat proses pendaftaran siswa secara online.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.