GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Authors

  • Rohana Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Konflik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menyelesaikan Konflik di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menyelesaikan Konflik di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam menyelesaikan konflik di MTs Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung yaitu menggunakan gaya kepemimpinan demokratis yang ditunjukkan oleh kepala madrasah karena kepala madrasah selalu melibatkan guru-guru dan staf yang lain dalam penanggulangan konflik antar guru yang mana bertujuan untuk menjaga silaturrahmi antar guru satu dan yang lain, dan kepala madrasah juga memberikan kebebasan kepada guru dan semua staf untuk memberikan ide atau solusi untuk meningkatkan mutu madrasah. Adapun faktor pendukung yaitu: komunikasi yang bagus dan adanya monitoring serta evaluasi yang teratur dan berkelanjutan, serta pembagian tugas yang telah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masning. Adapun faktor penghambat yaitu: human eror, pihak-pihak yang berkonflik kurang kooperatif, kurangnya kerjsama antar unit di madrasah.

Author Biography

Rohana, Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Downloads

Published

2023-07-03